Makanan penyebab bisul

Bakteri staphylococcus aureus (S. Aureus) adalah penyebab utama bisul itu terjadi. bakteri yang satu ini dapat kita lihat pada kulit dan didalam hidung juga dapat memasuki tubuh melalui luka dikulit atau merambat ke folikel rambut. Penyakit ini juga bisa berlangsung dengan lama karena faktor dari bakteri MRSA (methicillin-resistant staphylococcus aureus), infeksi kulit yang disebabkan oleh MRSA dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius diantaranya jaringan dalam yang mengancam kompleks. Tidak hanya itu saja, bersentuhan dengan penderita bisul dan paparan zat kimia yang mengiritasi kulit juga usia dan jenis kelamin termasuk salah satu faktor timbulnya bisul tersebut.[1] Jadi, sesuai dengan apa yang dikatakan sebelumnya tentang Stapylococcus aureus yang menjadi penyebab bisul itu sendiri, walaupun ada yang mengatakan telur sebagai makanan penyebab bisul apabila mengkonsumsinya terlalu banyak, itu tidak sepenuhnya benar terjadi.

berikut ada beberapa makanan penyebab bisul yang yang memicu timbulnya jerawat batu atau dengan kata lain jerawat kistik, ciri-cirinya yang mirip dengan bisul makanan penyebab bisul itu sendiri diantaranya adalah:

  • Makanan yang berlemak

Tahukah kita minyak goreng yang sering kali dipakai untuk dikonsumsi disebuah restoran cepat saji, Dr. Hyman menyatakan kalau minyak goreng tersebut dapat memicu munculnya jerawat kistik ataupun masalah kulit yang serupa dengan bisul. Dr. Mark Hyman juga menyatakan bahwa asupan lemak jenuh dan minyak nabati olahan atau minyak kedelai dan jagung juga dapat meningkatkan hormon pertumbuhan mirip insulin yang akan beresiko besar menyebabkan folikel kulit lebih rentan terinfeksi bakteri sehingga berpengaruh oada munculnya bisul. Akan tetapi, lemak omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat pada ikan laut justru sangat membantu dalam mencegah terbentuknya jerawat tersebut.

  • Gula atau makanan manis lainnya

Ternyata gula atau minuman manis lainnya menjadi salah satu makanan penyebab bisul terjadi. kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa merangsang produksi minyak dan memicu jerawat kistik pada kulit. Pasalnya, makanan tinggi gula, tinggi pula kadar indeks glikemiknya yang bbisa menaikkan kadar gula darah tersebut.[2]

            “dilansir dari laman Halodoc” bahwasanya bisul adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu kesetan kita. Pada umumnya bisul disini muncul pada bagian kulit didaerah wajah, leher, ketiak, bokong, serta paha. Karena bagian-bagian didaerah tersebut yang sering kali mengalami gesekan serta berkeringat. Ketika kita sudah ketahui makanan penyebab bisul, ternyata lingkungan atau dari diri kita sendiri juga sangat berperan terhadap munculnya bisul tersebut. Diantaranya adalah:

  • Luka

Ketika kita mengalami luka pada kulit kita, saat itulah dengan mudah bakteri masuk kedalam jaringan rongga-rongga kulit. Hal seperti itu dapat dengan mudah menyebabkan bisul terjadi karena bakteri yang terbawa melalui aliran darah.

  • Kebersihan

Jika kita malas untuk membersihkan diri, maka jangan heran jika bisul tersebut muncul pada bagian tubuh kita. Ditambah lagi jika kamu sering melakukan aktiftas diluar ruangan, kemungkinan lebih besar resiko munculnya bisul karena faktor dari banyaknya debu diluar sana. Satu-satunya cara untuk mencegah hal itu terjadi, adalah kita yang harus menjaga kebersihan diri terutama jika berhadapan langsung dengan sipenderita bisul tersebut.

  • Alergi

Faktor penyebab bisul antara lain adalah alergi itu sendiri. Misalnya jika kita kulit kita mengalami alergi terhadap debu, sedangkan debu itu sendiri adalah salah satu penyebab sumber dari infeksi. Resiko terbesar adalah kulitmu yang dapat dengan mudah mengalami bisul itu terjadi


[1] Sumber referensi Doktersehat.com

[2] Sumber referensi Hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *